Sabtu, 05 Desember 2015

MATERI PRESENTASI MIKRO EKONOMI

  • PENGERTIAN

Ilmu Mikro Ekonomi adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa.
  • TUJUAN
Membahas perilaku agen ekonomi yang kecil yaitu konsumen, produsen, dan perusahaan.
Menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif.


  • RUANG LINGKUP
1. Permintaan dan Penawaran

2. Perilaku Pasar
Perilaku pasar adalah pola kebiaasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan                   keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk                           tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.

3. Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam                       mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa                   setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan                           diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan               setelah pembelian.

4. Kebijakan Pemerintah
Dalam upaya peningkatan kehidupan ekonomi, individu, dan anggota masyarakat tidak hanya tergantung pada peranan pasar melalui sektor swasta. Peran pemerintah dan mekanisme pasar (interaksi permintaan dan penawaran pasar) merupakan hal yang bersifat komplementer (bukan substitusi) dengan pelaku ekonomi lainnya.
Pemerintah sebagai salah satu pelaku ekonomi (rumah tangga pemerintah), memiliki fungsi penting dalam perekonomian yaitu berfungsi sebagai stabilisasi, alokasi, dan distribusi. Adapun penjelasannya sebagai berikut :
  • Fungsi Stabilisasi, yakni fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi, sosial politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.
  • Fungsi Alokasi, yakni fungsi pemerintah sebagai penyedia barang dan jasa publik seperti pembangunan jalan raya, gedung sekolah, penyediaan fasilitas penerangan, dan telepon.
  • Fungsi Distribusi, yakni fungsi pemerintah dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat.

  • CONTOH USAHA MIKRO EKONOMI YANG TUMBUH BERKEMBANG DI INDONESIA


JILBAB RABBANI


Sejarah 
Berawal dari kepahitan dan kesulitan hidup yang luar biasa, pada Tahun 1994 Bpk. H. Amry Gunawan bersama istrinya Ibu Hj. Nia Kurnia mendirikan outlet busana muslim untuk memperkenalkan dan menjual busana muslim hasil rancangannya, outlet tersebut diberi nama Rabbani, didirikan di Kawasan Sekeloa Bandung dengan ukuran 2x3 meter persegi. Rabbani diambil dari AL Qur’an Surat : Al Imron Ayat 79 yang artinya para pengabdi Allah yang mau mengajarkan dan diajarkan Kitab Allah.


  • Strategi Pemasaran


TEORI PUBLIC RELATIONS
Teori Public Relation menurut Frenk Jefkins adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu didalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rabbani menggunakan Strategi lewat program-program menarik, menjaga citra positif, dan promosi. 


  • KESIMPULAN

Dari uraian-uraian dan penjelasan-penjelasan dimuka, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dalam rangka pengembangan ekonomi mikro sebagai kekuatan strategi untuk mempercepat pembagunan daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar